Cara Crop Image di Inkscape

11:44 PM

Beberapa minggu yang lalu saya mulai tertarik dengan Inkscape. Aplikasi Open Source seperti Corel Draw yang berbayar itu. hehehee...

Nah, biasanya juga saya sering pakai Photoshop. Kalau di Photoshop gampang bener untuk crop image, tinggal klik crop tool aja.

Berhubung saya baru menggunakan Inkscape, alhasil saya bingung mau crop image. Kan gak lucu mau crop image harus buka Photoshop dulu baru di import ke Inkscape.

Skip, dari hasil nge-gugle Saya dapati cara untuk Crop Image di Inkscape. Berikut caranya :

1. Buka gambar yang mau di Crop di Inkscape (Saya pakai Inkscape versi 0.91)

Inkscape Workspace



2. Pilih Rectangle Tool atau Drawing Tool (Sesuaikan dengan selera)





3. Buat sebuah kotak menggunakan rectangle tool posisikan pada obyek yang ingin kita crop





4. Pilih semua objek (Rectangle + Image) / Bagian yang tidak terseleksi dengan Rectangle Tool dengan cara tekan tombol SHIFT + Klik image tadi.





5. Pilih menu Object -> Clip -> Set




6. SELESAI



Sekian tutorial seputar Inkscape dari Saya. Selalu cek blog ini ya, ntar saya share tutorial-tutorial lainnya, baik seputar Inkscape atau seputar Web, Pemrograman, dan lainnya.

-
Mau dapat tausiyah (Nasihat, Quotes, Kisah, Video kajian 1 menit) harian ? Yuk join Telegram Chanel Mutiara Muslim di www.telegram.me/mutiaramuslim

You Might Also Like

1 comments